Carl von Linne Bapak Taksonomi Modern

Senin, 06 Mei 2013



Carl von Linne atau yang lebih dikenal dengan nama Carolus Linnaeus, lahir di Almhult, 23 Mei 1707. Dia adalah seorang ilmuwan Swedia yang pertama kali meletakan dasar tata nama biologi. Ia dikenal sebagai “Bapak Taksonomi Modern” serta merupakan salah satu bapak ekologi modern. Linnaeus adalah seorang ahli botani yang paling dihormati dan juga terkenal karena kemampuan bahasanya.
Selain menjadi ahli botani, Linnaeus juga ahli zoology dan seorang dokter. Pada 1735, Linnaeus pindah ke Belanda. Di sana ia mendapatkan gelar dokter dari Universitas Harderwijk. Gelar ini ialah satu-satunya gelar akademik yang berhasil didapatkan Linnaeus, dan ia memperolehnya hanya dalam waktu enam hari. Selama tiga hari, ia mencetak catatan-catatan botaninya dalam bahasa Latin.
Sistem Linnaeus mengklasifikasikan alam dalam hierarki atau tingkatan-tingkatan, dimulai dengan tiga “Kingdom (kerajaan)”. Kerajaan dibagi ke dalam Kelas dan masing-masing Kelas terbagi dalam Ordo, yang dibagi dalam Genera (bentuk tunggal genus), yang dibagi lagi dalam Spesies. Di bawah tingkatan Spesies, Linnaeus kadang menyebutkan takson yang tidak diberinya nama (untuk tumbuhan, hal ini sekarang dinamai “varietas”).

0 komentar: