Tahukah anda asal muasal gelar haji di Indonesia?

Kamis, 09 Mei 2013



Ternyata, awalnya dari sebuah pulau kecil di kawasan pulau seribu, Jakarta. Berawal dari kecurigaan Belanda terhadap wabah pes yang hebat melanda Malang, Jawa Timur. Belanda menuduh wabah pes di bawa oleh kapal yang membawa para jamaah haji dari tanah suci Mekah pada awal abad 20.kemudian mereka membangun kawasan karantina di pulau terpencil, Onrust di perairan pulau seribu pada tahun 1911.
Calon jamaah haji ataupun yang pulang dari ibadah haji di karantina di pulau Onrust supaya tidak menyebarkan wabah pes. Mereka harus menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum kembali ke daerah masing-masing. Karantina dilakukan selama sepekan, bahkan bisa lebih lama tergantung pada kondisi kesehatan yang bersangkutan.
Pulang dari Onrust mereka mendapatkan sertifikat haji dari pemerintahan Belanda untuk membuktikan mereka lulus dari karantina. Maka dari situlah asal mula orang Indonesia menggunakan gelar haji atau hajjah di depan namanya.
Lalu, darimanakah wabah pes itu berasal? Ternyata penyakit itu berasal dari kapal dagang VOC yang membawa beras dari kota Rangon, Burma. Kota itu kini disebut Yangon, Burma kini menjadi Myanmar.

Semoga Mpie selaku admin bisa menaik hajikan UMI dan ABI, AMIN!! :D

Sumber: Moro Publishing

0 komentar: